Hubungan antara pedagang sprei dengan jasa pengiriman

Para calon pelanggan agorabedding yang terhormat,

Kami secara pribadi sangat mengagumi berbagai perusahaan jasa pengiriman yang sering kami gunakan. Mereka semua menawarkan pelayanan yang bagus dan harganya pun teramat sangat kompetitif.

Kita berikan contoh semisal Indah Kargo (Indah Cargo Logistics), Tritama Bella dan JNE. Kedua contoh pertama sebetulnya masih termasuk bisnis satu keluarga yang sama. Bilamana Indah Kargo lebih terfokus kepada pengirim grosir, maka Tritama Bella lebih terfokus kepada pengirim eceran. Tetapi uniknya, keduanya mempunyai harga yang kurang lebihnya sama.

Dilain pihak, JNE sendiri lebih terfokus kepada pengiriman skala eceran dengan jaringan usaha yang tersebar di hampir seluruh sudut Indonesia. Selain itu, JNE sendiri mempunyai brand yang sangat besar. Hal ini membuat perusahaan tersebut mampu untuk menetapkan harga yang lebih mahal daripada perusahaan yang lain.

Sebagai catatan tambahan, JNE walaupun mempunyai brand yang bagus, tetapi kedua saudaranya, yaitu TIKI dan Tikindo tidak setenar dirinya.

Cukup untuk kata pengantar, mari kita langsung ke pokok bahasan.

Pada saat ini, ada beberapa perusahaan jasa pengiriman yang memberikan insentif (secara langsung atau tidak langsung) kepada para pedagang untuk lebih banyak melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa perusahaan-perusahaan tersebut.

Insentif ini bisa dalam bentuk ongkos kirim yang lebih ringan ataupun dalam bentuk cash-back (biasanya dalam bentuk prosentase).

Sebetulnya hal ini tidak ada yang jelek, bahkan bisa dikatakan bagus, bilamana:
  1. Kita tetap mengarahkan pelanggan kita untuk tetap menggunakan jasa pengiriman yang terbaik untuk daerah mereka, semisal karena:
  2. Bilamana kita ingin menawarkan kepada pelanggan untuk menggunakan jasa pengiriman yang memberikan insentif tadi, maka seluruh insentif tersebut haruslah diberikan kepada pelanggan, terutama sekali untuk menurunkan ongkos pengiriman

Walaupun dalam jangka pendek hal ini merugikan si pedagang, tetapi dalam jangka panjang hasilnya jauh lebih positif. Kita sendiri harus ingat, bahwa tujuan berdagang adalah memberikan manfaat (value) kepada para pelanggan kita. Bilamana demi keuntungan jangka pendek, kita mau mengorbankan manfaat yang bisa kita berikan kepada pelanggan, selain kita merugikan hasil jangka panjang, kita juga telah melakukan tindakan yang tidak bermoral.

Singkatnya, kepentingan pelanggan haruslah diutamakan diatas kepentingan pedagang. Sekali lagi, hal ini buruk bagi si pedagang dalam jangka pendek, tetapi teramat sangat bagus untuk jangka panjangnya.

Dahulu, agorabedding sendiri juga malas-malasan bilamana pelanggan menginginkan pesanannya dikirim menggunakan jasa pengiriman tertentu. Kami dulu malas, disebabkan oleh:
  1. Ongkos kirim yang tertera secara resmi berbeda dengan kenyataan di lapangan, sehingga kami harus merugi
  2. Lokasi perusahaan tersebut jauh dari kami, sedangkan kami tidak bisa membebankan biaya tambahan kepada pelanggan

Tetapi, kamipun sadar bahwa bagaimanapun juga kepentingan pelanggan haruslah diutamakan, atau dalam jangka panjang kami akan menderita kehilangan banyak pelanggan. Karena itu, apapun jasa pengiriman yang diinginkan oleh pelanggan, kami akan selalu menyanggupinya, selama tentu saja ada di daerah Tangerang atau Jakarta.

Label: