Mengenai kain matching atau berpasangan

Bilamana kita membicarakan tentang motif sprei, maka biasanya kita merujuk kepada satu motif secara spesifik, misalnya motif Candy Crush dibawah ini.

Sprei dan bedcover motif Candy Crush
Sprei dan bedcover motif Candy Crush


Tetapi, apakah kita pernah terpikir, bahwa terkadang satu motif kain sprei dan bedcover tidak hanya terdiri dari satu motif kain, melainkan dua motif yang berbeda, tetapi mempunyai satu nama yang sama?

Coba anda perhatikan motif Candy Crush diatas. Apakah sprei dan bedcovernya mempunyai corak yang berlainan?

sprei dan bedcover motif Pandawa warna ungu
sprei dan bedcover motif Pandawa warna ungu

Sprei dan bedcover motif Botanica
Sprei dan bedcover motif Botanica

Sekarang coba anda perhatikan motif Pandawa warna ungu dan Botanica diatas. Apakah anda menemukan sesuatu yang berbeda? Tidak ada? Coba perhatikan sekali lagi.

Bila kita perhatikan motif Candy Crush dengan seksama, kita melihat tidak ada perbedaan sama sekali. Baik sprei maupun bedcover mempunyai warna dan corak desain yang sama persis.

Tetapi, motif Pandawa warna ungu dan Botanica, ada perbedaan antara sprei dan bedcovernya. Untuk Pandawa warna ungu, spreinya terlihat ada gambar-gambar dalam ukuran kecil. Sedangkan bedcovernya penuh dengan gambar-gambar ukuran super besar.

Untuk motif Botanica, baik sprei maupun bedcovernya mempunyai corak desain yang sama persis, namun keduanya memiliki warna yang berbeda.

Nah sekarang kenapa bisa begitu? Kenapa ketiga motif sprei dan bedcover tersebut memiliki karakteristik tersendiri?

Sebetulnya, satu motif sprei memang diciptakan dalam satu seri yang terdiri dari dua desain atau warna yang berbeda. Sebabnya tidak lain karena sprei dan bedcover bagian dalam didesain dengan warna ataupun corak yang kalem atau sederhana, supaya mata kita lebih nyaman.

Sedangkan untuk bedcover bagian luar didesain dengan warna ataupun corak yang lebih menonjol supaya terlihat elegan.

Karena itulah seringkali satu motif sprei dan bedcover terdiri dari dua desain berpasangan. Biasanya di pasar Cipadu, ketika kita menyebut satu motif, maka itu berarti motif untuk desain bedcover bagian luar. Sedangkan untuk sprei dan bedcover bagian dalam disebut sebagai matching-an atau pasangannya.

Hanya saja memang tidak semua motif berpasangan. Ada kalanya satu motif hanya terdiri dari satu desain saja (tanpa corak maupun warna yang berbeda). Contohnya seperti Candy Crush diatas.

Bila anda bertanya kepada kami, kenapa ada motif yang tidak punya pasangan, maka jawabannya tidak lebih karena:
  1. Karena banyak pelanggan toko kain yang hanya membuat sprei, maka biasanya motif pasangan tidak begitu laku (karena motif pasangan hanya diperlukan bagi pelanggan yang membuat bedcover
  2. Sedangkan toko kain tidak memaksa pelanggan untuk membeli satu motif beserta pasangannya sekaligus
  3. Maka solusinya, pabrik kain biasanya hanya memproduksi satu motif tanpa pasangan atau memproduksi satu motif dalam dua atau tiga warna yang berbeda

Tetapi bilamana anda pergi ke Tanah Abang untuk membeli kain sprei dan bedcover impor, maka anda akan menjumpai kondisi yang berlainan. Bilamana motif yang anda beli ada pasangannya, maka anda wajib membeli keduanya.

Oh ya, sebagai informasi tambahan, setiap motif sprei dan bedcover bisa dikombinasikan dengan motif apapun juga. Jadi semisal, anda ingin sprei dengan motif Star City warna merah dengan bedcover bagian luar motif Star Dottie warna pink dan bedcover bagian dalam motif Star Dottie warna ungu, hal ini bisa dibuat dengan mudah.

Bagaimana pendapat anda?