Tentang pasar Cipadu

Para calon pelanggan agorabedding yang terhormat,

Di beberapa tulisan lain kita sudah mendiskusikan beberapa hal mengenai pasar Cipadu. Nah sekarang ini, kita akan mencoba untuk mendiskusikan beberapa hal yang lain mengenai kehidupan pasar tersebut.
  1. Membeli bahan kain sprei dan bedcover dalam jumlah bal
  2. Toko kain di pasar Cipadu terutama sekali berfokus untuk melayani pembeli eceran. Tetapi mereka juga menerima pembeli grosir dengan senang hati. Bilamana pembeli eceran mendapatkan harga Rp. 29.500, maka pembeli grosir bisa mendapatkan harga kain dengan rentang dari Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 27.000 per meternya.

    Barangkali ada yang bertanya, kenapa harga eceran begitu seragam tetapi harga grosir berbeda-beda? Para pembeli yang datang ke pasar Cipadu pada umumnya adalah pembeli retail. Oleh karena itu, pembeli retail merupakan pangsa pasar tersebar bagi pasar tersebut.

    Hal ini menjadikan semua toko serempak menggunakan harga yang sama untuk pembeli eceran. Lain halnya dengan pembeli grosir. Karena mereka ini jumlahnya tidak begitu banyak, hal ini membuat semua toko menggunakan harga grosir sendiri-sendiri, walaupun tentu saja mereka juga saling mengecek harga di toko lain, supaya tidak kalah saing.

    Pembeli grosir itu sendiri merupakan pembeli yang melakukan pembelian minimal 1 bal untuk setiap motifnya. Bilamana ada yang belum mengerti apa itu bal, dibawah ini ada gambar-gambar kain. Masing-masing motif itu adalah satu bal.

    Kain Star yang masih dalam bentuk bal
    Kain Star yang masih dalam bentuk bal


  3. Berbagai ragam bisnis yang melakukan aktifitas bisnis di pasar Cipadu
    • Salesman keliling dari pabrik kain
    • Toko kain
    • Toko kain yang juga melayani pemesanan sprei maupun bedcover dengan sistem PO
    • Toko kain yang juga menjual stok produk sprei, bedcover maupun GKM
    • Garmen yang menjahit kain milik konsumennya menjadi produk jadi
    • Garmen yang selain menjahit, juga melayani pemesanan produk jadi secara PO
    • Individual yang melayani pemesanan dengan sistem PO
    • Toko sprei dan bedcover online kebanyakan termasuk dalam kategori ini. Bilamana anda menggunakan jasa agorabedding.ga untuk mencarikan motif sprei dan bedcover, maka agorabedding.ga-pun juga bisa dimasukkan dalam kategori ini (walaupun tentunya anda bisa memanfaatkan layanan yang disediakan oleh agorabedding.ga lebih dari ini).

      Toko online yang termasuk dalam kategori ini sama sekali tidak mempunyai stok, baik bahan maupun kain (agorabedding.ga pun juga sekarang tidak lagi mempunyai stok bahan, walaupun masih mempunyai stok GKM). Jadi bilamana anda ingin menjadi reseller maupun dropshipper, posisi anda termasuk dalam kategori ini.

      Yang menjadi perbedaan antara anda dengan mereka tentu saja adalah fakta bahwa mereka bisa belanja bahan ke pasar Cipadu, sedangkan posisi anda terlampau jauh untuk bisa ke pasar Cipadu sendiri.

  4. Mengenai bahan cacat (semisal dengan hasil print yang tidak sempurna)
  5. Terkadang toko bahan ada kalanya menjual bahan cacat, misalnya bahan yang hasil print ada yang tidak sempurna. Walaupun bahan-bahan ini memang disebut bahan reject (atau cacat), tetapi pada dasarnya perbedaannya tidaklah begitu mencolok. Yang bisa melihat apakah satu bahan itu reject atau bukan, biasanya toko kain maupun garmen. Jarang sekali selain kedua pihak itu yang bisa melihat cacat di bahan.

    Bilamana rata-rata toko bisa mendapatkan bahan dari pabrik seharga Rp. 21.000 sampai dengan Rp. 23.000 per meter, mereka bisa mendapatkan bahan yang cacat dengan harga Rp. 19.000 atau lebih sedikit. Jadi memang untung yang didapatkan sedikit lebih besar. Tetapi harga yang mereka berikan ke pembeli biasanya tetap sama Rp. 29.500 per meternya.

  6. Bisnis yang bergerak diluar bidang sprei dan bedcover
  7. Selain sprei dan bedcover, sebetulnya pasar Cipadu juga menyediakan bahan-bahan kain untuk syal, gorden dan lain sebagainya. Tetapi saya tidak akan membahas hal ini lebih lanjut, karena pengetahuan saya memang terbatas di bidang ini.

  8. Beberapa produk bukan sprei tetapi dibuat dengan bahan kain sprei
  9. Selain sprei dan bedcover, sebetulnya ada beberapa produk jenis lain yang dibuat dengan kain yang sama, semisal:
    • GKM
    • Kitchen set
    • Sofa set
    • Fullset / homeset
    • Gorden
    • Baby set
    Untuk keterangan lengkap mengenai berbagai ragam produk ini, silahkan baca di halaman beragam produk kain sprei.

  10. Kemungkinan lain untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar di pasar Cipadu (garmen yang memproduksi produk sendiri)
  11. Ada beberapa opsi bilamana kita ingin menghasilkan keuntungan yang lebih besar di pasar Cipadu:
    • Menjadi toko bahan yang jual melayani penjualan secara PO
      • Sebagai toko bahan anda mendapatkan kain dengan harga (rata-rata) Rp. 22.000 per meter, sedangkan orang yang membeli bahan secara retail hanya bisa mendapatkan kain dengan harga Rp. 29.500 per meter
      • Anda hanya tinggal membayar ongkos jahit saja, sehingga disini, margin keuntungan anda akan meningkat drastis dari fakta bahwa harga yang anda bayarkan untuk mendapatkan kain teramat sangat murah
      • Tetapi disisi lain, anda juga harus menghadapi kompleksitas bisnis toko kain, karena memang pada dasarnya, ketika anda berada diposisi ini, anda adalah seorang pedagang kain


    • Menjadi garmen yang menjual produk secara PO tetapi juga melakukan pembelian bahan secara grosir
      • Untuk menjahit sprei ukuran king 180, kita harus mengeluarkan uang senilai (maksimal) Rp. 12.000. Dengan memiliki garmen sendiri, anda hanya tinggal mengeluarkan uang sebesar (rata-rata) Rp. 7.000
      • Disisi lain, dengan melakukan pembelian bahan secara grosir, anda akan mendapatkan bahan seharga Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 27.000 per meternya
      • Tetapi disisi lain, anda haruslah menghadapi kompleksitas usaha garmen dan tentunya anda juga mempunyai banyak modal yang tersimpan dalam bentuk kain

  12. Beberapa sistem pembayaran yang umum dipakai di pasar Cipadu
  13. Pada umumnya sistem pembayaran yang digunakan di pasar Cipadu adalah sistem pembayaran cash. Maksudnya pembayaran cash ini adalah pembayaran yang dilakukan langsung dengan uang tunai (baik lewat tangan maupun transfer antar rekening bank).
    • Transaksi antara pabrik kain dengan toko kain
    • Biasanya transaksi antara kedua pihak ini menggunakan sistem yang disebut account receivable (di pihak pabrik kain) dan account payable (di pihak toko kain). Istilah gampangnya toko kain berhutang kepada pabrik kain yang akan dibayar ketika jatuh tempo, misalnya sebulan atau dua bulan atau tiga bulan.

    • Transaksi antara toko kain dengan pembeli eceran/grosir
    • Cash dengan pembayaran pada saat terjadinya transaksi pembelian.

    • Transaksi antara garmen dengan pelanggannya
    • Sistem yang digunakan sama dengan transaksi antara pabrik kain dengan toko kain. Hanya saja perbedaannya pembayaran akan dilakukan ketika kain sudah selesai dijahit menjadi produk jadi.

    • Transaksi antara pembeli online dengan pedagang online (entah itu garmen ataupun toko online)
    • Pada umumnya pembayaran dilakukan secara lunas pada saat terjadinya pemesanan. Namun ada kalanya juga pembayaran dilakukan bertahap, yang pertama down payment pada saat terjadi transaksi pemesanan, dan diselesaikan pada waktu barang sudah siap untuk dikirim.

  14. Keuntungan menggunakan Tokopedia dan Bukalapak sebagai rekening bersama
  15. Secara de facto, rekening bersama adalah pihak ketika yang menjadi jembatan pembayaran antara pihak pembeli dengan pihak penjual yang akan memastikan bahwa kedua belah pihak telah mematuhi kewajiban masing-masing sebelum uang pembayaran berada di tangan pihak penjual.

    Namun rekening bersama ini tidaklah gratis, tetapi haruslah dibayar berdasarkan prosentase besarnya transaksi. Inilah yang terutama sekali menjadi beban bagi pihak pembeli atau penjual. Tetapi kita harus bersyukur karena sekarang kita sudah mempunyai Tokopedia dan Bukalapak yang bisa kita gunakan sebagai rekening bersama dengan tingkat keamanan dan efisiensi yang teramat sangat tinggi.