Tips memilih sprei yang bagus

Ketika anda sedang memasarkan produk sprei dan bedcover, pasti salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh pelanggan anda adalah bagaimana caranya memilih sprei yang paling bagus.

Disini kami mencoba untuk membantu anda dengan memberikan beberapa tips yang patut diperhatikan ketika sedang memilih sprei:
  1. Thread count
  2. Istilah ini sebetulnya teramat sangat teknis dan sedikit susah dimengerti. Tetapi pada intinya hal ini berhubungan dengan kelembutan (walaupun ada beberapa faktor lain seperti bahan ataupun teknik tenun). Pilihlah sprei dengan thread count paling tidak 200. Semakin tinggi semakin bagus, tetapi juga semakin mahal.
  3. Bahan
  4. Ada beberapa jenis bahan yang umum dijumpai di pasaran Indonesia. Anda bisa memilih berdasarkan preferensi:
    • Polyster
    • Sebisa mungkin hindarilah sprei yang terbuat dari bahan ini. Selain panas, bahan ini juga cenderung kasar.
    • Katun campuran (blended cotton)
    • Ini sangatlah umum dijumpai di pasaran. Katun campuran umumnya terbuat dari campuran katun dengan polyster. Bilamana anda memilih sprei jenis ini, maka pilihlah yang memiliki campuran katun 75% dengan polyster maksimal 25%. Merk-merk kain dengan karakteristik seperti ini misalnya Star, Panca, Catra, Vienna dan Fortuna. Bisa dikatakan kualitas sprei yang terbuat dari bahan ini sudah memadai.
    • Katun Jepang
    • Katun ini bukanlah katun yang diimpor dari Jepang. Melainkan hanya sekedar istilah yang merujuk kepada bahan sprei yang terbuat dari bahan katun 100% dan ditenun dengan teknik twill 1/3 seperti sutra (karena itulah disebut dengan istilah kain sateen). Untuk harga, biasanya 2x lebih mahal daripada kain katun campuran.
    • Tencel
    • Kain ini terbuat dari pohon-pohon keras. Karena itulah disebut dengan istilah organik. Untuk kualitas, bisa dikatakan secara umum lebih baik dari katun Jepang dikarenakan selain ditenun dengan teknik twill 1/3 juga benangnya relatif lebih panjang. Untuk harga biasanya 3x kain lokal.
    • Sutra
    • Harga? Sudah pasti mahal, sekitar 4x katun lokal. Kelembutan? Sudah pasti. Jenis terbaik? Sudah pasti sutra Mulberry!
  5. Ukuran
  6. Setiap sprei memiliki tiga macam ukuran dasar, yaitu panjang, lebar dan tinggi. Oleh karena itu, pastikah dulu bahwa kain sprei yang anda beli memiliki ukuran yang sama dengan kasur anda.
    Tipe dan ukuran sprei standar Indonesia
    Tipe Lebar X panjang X tinggi
    Single 100cm X 200cm X 20cm
    Single 120cm X 200cm X 20cm
    Queen 160cm X 200cm X 20cm
    King 180cm X 200cm X 20cm
    Extra king 200cm X 200cm X 20cm