Tema kamar tidur putra putri anda

Anak kecil pada dasarnya memiliki dunia yang berbeda dengan kita. Tetapi, yang menjadi masalah adalah, banyak sekali orang tua yang mendesign kamar tidur putra-putri tidak sesuai dengan selera anak-anaknya. Itupun kalau mereka betul-betul mendesign karena dalam kebanyakan kasus, saya menjumpai kamar tidur anak-anak sama sekali tidak ada sentuhan design, bahkan terkesan ala kadarnya (walaupun tentu saja ini sedikit banyak berhubungan dengan kemampuan kantong sang orang tua).

Jikalau memang kantong kita mendukung, kenapa kita tidak mencoba mendesign kamar tidur putra-putri kita sesuai dengan selera mereka? Coba kita bayangkan, seandainya mereka memiliki kamar tidur yang betul-betul mencerminkan penjiwaan mereka, bukankah putra-putri kita menjadi semakin betah dikamar? Selain itu, setiap kali mereka pulang sekolah, saya sendiri sangat yakin kalau mereka tidak akan serta merta langsung pergi main, tetapi menikmati waktu santai istirahat siang, karena sekali lagi, mereka asik dengan suasana kamar tidurnya.

Ada lagi satu kelebihan, putra-putri kita akan semakin rajin membersihkan kamar tidur mereka sendiri tanpa perlu kita suruh.

Dibawah ini ada beberapa contoh tema yang bisa dicoba untuk digunakan dalam mendesign kamar putra-putri anda. Tentu saja anda tidak perlu mencontohnya mentah-mentah, tetapi hanya sekedar dijadikan acuan saja.

Paris
Sprei motif I Love Paris
Sprei motif I Love Paris
 
Paris atau yang dikenal juga dengan sebutan "kota cahaya". Siapa yang tidak pernah bermimpi suatu saat bisa mengunjungi kota ini?

Kalau misalnya memang kita tidak mau mendesign kamar tidur dengan tema macam-macam, maka tema kota Paris bisa dijadikan pilihan karena bisa dikatakan ini adalah salah satu tema standar yang sudah pasti disukai hampir setiap orang.

Hanya saja ya warnanya disesuaikan. Kalau kamar tidurnya untuk anak pria, maka warna tua paling cocok. Kalau untuk anak putri, pink bisa dijadikan pilihan utama.

Militer
Dulu waktu masih kecil, kalau ditanya, "nanti kalau sudah gede pingin jadi apa nak?", seringkali kita jawab, "pingin jadi ABRI pak". Pada jaman itu TNI masihlah bernama ABRI.

Nah, sekarangpun juga banyak anak kecil yang menyukai dunia kemiliteran. Tapi sayangnya jarang sekali sprei bedcover yang bertemakan dunia ini. Paling yang bisa digunakan untuk mendecor ya cuma pernak-pernik saja.

Pantai
Sprei motif Little Sailor
Sprei motif Little Sailor
Sprei motif Under the Sea Adventure
Sprei motif Under the Sea Adventure

Biasanya disekolah anak-anak kita diajari menggambar gunung ataupun rumah, tetapi jarang disuruh menggambar pantai. Nah bilamana banyak diantara gambar-gambar hasil karya putra-putri kita yang bertemakan seputar pantai, maka kita bisa yakin bahwa dunia pantai adalah impian mereka.

Barangkali mereka ingin berenang. Barangkali juga mereka ingin menyelam. Atau bisa jadi mereka memimpikan suatu hari bisa berselancar selayaknya penjaga pantai di film Baywatch.

Sprei dan bedcover saja tidak cukup bilamana kita ingin mendesign kamar tidur yang berkesan pantai banget. Paling tidak, dinding juga harus dilapisi dengan wallpaper yang bertemakan pantai. Kalau bisa juga ada miniatur atau replika papan selancar.

Feminim
 
Sprei motif Fashionista
Sprei motif Fashionista

Semua dengan warna dasar pink dengan pernak-pernik berbau barbie ataupun princess sudah cukup untuk membuat putri kita yang feminin betah di kamarnya.

Selain itu, kamar akan terkesan lebih komplit bilamana ada berbagai ragam boneka barbie.

Mobil balap
Sprei motif Cars Racing McQueens
Sprei motif Cars Racing McQueens
 
Ferrari memang mobil balap paling populer. Tetapi bagi anak kecil, Cars Racing McQueen jauh lebih populer. Bilamana putra kita menyukai karakter ini, maka sprei dan bedcover yang bermotifkan Cars Racing McQueen tersedia banyak di pasaran.

Selain itu, banyak juga pernak-pernik ataupun furnitur yang bermotifkan karakter ini, seperti mobil-mobilan, meja maupun almari. Semakin lengkap, semakin bagus, tapi juga semakin menguras isi kantong.

Ruang angkasa
Sprei motif Apollo
Sprei motif Apollo
 
Ruang angkasa menyimpan sejuta misteri, bukan saja kepada anak kecil, melainkan juga di benak banyak orang dewasa. Selain sprei dan bedcover yang bermotifkan luar angkasa, untuk mendesign kamar seperti ini, kita harus memiliki pernak-pernik berbentuk bintang yang ketika malam hari, waktu lampu sudah dipadamkan, akan kelap-kelip seperti bintang sungguhan.

Kebun bunga
Bilamana anak lelaki paling senang dengan hal-hal yang memacu adrenaline seperti mobil balap dan luar angkasa, maka anak putri secara intrinsic cenderung menyukai sesuatu hal yang berhubungan dengan keindahan fisik seperti kebun bunga.

Dari film-film Disney yang sering kita tonton di bioskop, seringkali kita menemukan anak kecil yang menemukan keajaiban di kebun bunganya, semisal peri cantik. Seperti inilah yang dibayangkan putri kita tentang kebun bunga.

Polka dots atau dottie

Sprei motif Colour Moon
Sprei motif Colour Moon

Jangan berpikir kalau polka dots hanya milik orang dewasa. Anak kecilpun juga banyak yang suka. Memang betul, kebanyakan motif sprei bedcover yang beredar dipasaran dalam kebanyakan kasus hanya diciptakan untuk orang dewasa.

Tetapi, bilamana kita mau sedikit bersusah payah, sebenarnya banyak kok motif-motif polka dots yang sangat cocok untuk anak kecil, seperti misalnya motif sprei Colour Moon diatas.

Superhero
Sprei motif Superman
Sprei motif Superman
 
Anak lelaki biasanya menyukai karakter-karakter superhero seperti Superman atau Spiderman. Biasanya sangat mudah menemukan sprei ataupun bedcover dengan motif-motif seperti ini. Selain itu, segala pernak-pernik maupun aksesories yang bertemakan superhero seperti ini juga sangat mudah ditemui di pasaran.